Hergé

Hergé dan Tintin
Georges Prosper Remi (22 Mei 1907 - 3 Maret 1983), dikenal dengan nama pena Hergé, adalah seorang kartunis asal Belgia. Hergé dilahirkan di Jalan Cranz, Distrik Etterbeek, Brussels, Belgia pada pukul 7.30. Karyanya yang paling terkenal adalah Les Aventures de Tintin (Kisah Petualangan Tintin) yang terdiri dari 23 buku dan satu buku setengah jadi (Tintin dan Alpha-Art), yang dibuatnya dari 1929 sampai ajal menjemputnya di tahun 1983. Selain Tintin, Hergé juga membuat dua seri terkenal lainnya, Quick & Flupke (1930-1940) dan Jo, Zette, and Jocko (1936-1957), karya-karyanya semua bergaya ligne claire, ciri khas Hergé.
Dilahirkan di keluarga menengah di Etterbeek, Brussels, Hergé tertarik pada pramuka, yang juga menginspirasinya dalam serialnya, Totor. Pada tahun 1925 ia mulai bekerja untuk surat kabar konservatif, Le XXe , dan pada 1929 dia mulai menserialisasikan album pertama Tintin, Tintin di Tanah Sovyet. Setelah dapat dibilang sukses, dia meneruskan serial Tintin dan Quick & Flupke di surat kabar. Dimulai dari album Lotus BiruHergé melakukan penelitian yang lebih jauh untuk cerita dan latar bukunya. Setelah Le XXe Siècle ditutup selama pendudukan Nazi Jerman, Hergé melanjutkan pekerjaannya untuk Le Soir. Pada tahun 
Quick & Flupke
Jo, Zette, and Jocko
Pekerjaan Hergé sudah diakui secara luas untuk penggambaran dan ketelitiannya, penelitiannya yang baik, dan sudah menjadi sumber berbagai adaptasi. Dia memberikan pengaruh kuat bagi komik-komik Eropa. Sejak 2009, Museum Hergé (Hergé Musée) telah dibuka di Louvain-La-Neuve, sebagai bentuk penghargaan dunia atas Tintin dan Hergé. Pada 3 Maret 1983 (umur 75), Hergé meninggal di Woluwe-Saint-Lambert, Belgia, dan dimakamkan di pemakaman tua Dieweg.
(Alex)

0 comments: